The Nurdayat Foundation


10 Tips Memulai Usaha
Jumat, 25 Februari 2011, 2:45 pm
Filed under: Wirausaha | Tag: , ,

Jika keinginan Sampeyan untuk berwirausaha sudah tak tertahankan lagi, sabar dulu. Sampeyan harus cermat dan akurat dalam memulai usaha. Jangan sampai nafsu besar; eh, trnyata persiapan kurang matang, Akhirnya Sampeyan yang kelabakan. Nah, berikut ini ada 10 tips utk memulai dan membuka usaha:

1. Siapkan Mental Jadi Pengusaha
Sampeyan harus mengetahui ciri seorang pengusaha. Asal tahu saja, pengusaha berbeda dengan karyawan. Jika karyawan biasanya cenderung segera menghabiskan gaji bulanannya, Pengusaha tidak! Seorang pengusaha akan menginvestasikan kembali sebagian penghasilan yang diperolehnya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi. Maka jika Sampeyan ingin memulai usaha, terapkanlah mental pengusaha, bukan mental karyawan.

2. Visi dan Misi Jelas
Sampeyan harus mengetahui visi dan misi dalam berbisnis. Visi dan misi itu bisa menjadi panduan Sampeyan untuk melangkah. Seringkali suatu usaha saat mulai berkembang mengalami kegagalan karena organisasi tsb tidak memfokuskan diri kpd peningkatan kemajuan bisnis awal, tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain. Sampeyan sabar saja, fokuskan pada satu bisnis dulu; baru kemudian jika Sampeyan sudah sukses silahkan mau jungkir-balik bisnis apa saja OK.

3. Bisnis Itu Gampang
Sebagai calon pengusaha Sampeyan harus berpikiran strategis dan ‘simpel’. Bicara soal bisnis, sederhana saja. Sbg contoh Sampeyan berbisnis minuman mineral. Sampeyan tinggal membeli sebotol minuman mineral seharga Rp 100 dan menjualnya kembali dengan harga Rp 1500 shg diperoleh keuntungan Rp 500 dan jangan sampai menjual dg harga yg lebih rendah krn akan rugi. Ya, dg menjual sebotol minuman mineral dan memperoleh keuntungan Rp 500, Sampeyan sudah menjadi pebisnis. Tinggal dikalikan dan ditingkatkan kuantitas dan kualitas-nya.  Intinya sederhana, target Sampeyan adalah memperoleh laba, niscaya bisnis Sampeyan akan makin moncer.

4. Jangan Takut PerModal-an
Modal acapkali dikeluhkan oleh para calon pengusaha. Mereka gusar krn kesulitan modal. Sampeyan tentu tak perlu risau. Modal berkait erat dg seberapa besar usaha yg akan sampeyan jalankan. Dg modal sekitar 2-10 jutaan yg dapat Sampeyan  rogoh dr tabungan sendiri Sampeyan sudah bisa ‘lenggang-kangkung’ jadi pengusaha. Jadi jangan takut kesulitan modal, dg modal cekak pun Sampeyan masih dapat membuka usaha.
Jika Sampeyan masih kesulitan, Sampeyan bisa menggandeng saudara atau bahkan kawan. Selain lebih mudah dalam menjalankan usaha, Sampeyan tidak disibukkan dg berbagai tagihan layaknya berhutang di bank. Akan tetapi jika Sampeyan brtekad ingin mmbuka usaha yg lebih besar, meminjam di bank bukan hal tabu. Sampeyan tinggal mengatur usaha Sampeyan lebih pesat lagi, tentu laba yg bakal dikeruk pun semakin “aduhai”.  Jadi Sampeyan masih bisa eksis dan membayar kredit di bank.

5. Tempat Strategis
Urusan tempat memang agak ribet, tapi jika Sampeyan sudah tahu kuncinya, ditanggung beres. Kuncinya adalah carilah tempat yg strategis. Strategis bisa jadi tempat yg ramai, dekat dg aktivitas warga, atau dekat sekolah, kantor dan kampus. Tapi urusan tempat acapkali mengecoh lho, makanya harus hati-hati. Sebab ada juga tempat yg berada di lokasi yg tidak ramai dan strategis, eh ternyata berjubel pengunjung. Lalu kuncinya apa? Tentu saja, jika itu rumah makan, pelayanan dan makanan yg menggugah selera pastilah kuncinya. Intinya jika Sampeyan sangat kesulitan menentukan tempat lokasi usaha, jangan gusar sebab Sampeyan toh bisa menjual keunggulan lain yg Sampeyan miliki.
Langkah lain yg bisa Sampeyan tempuh, yakni menciptakan strategi khusus ut menarik konsumen. Contohnya salah satu UKM di Yogya yg menjual makanan tradisional sbg oleh-oleh yg tokonya berada di gang yg sempit. UKM tsb memakai strategi dg bekerja-sama dg biro perjalanan/travel dan dlm setiap kemasan/bungkusnya dicetak peta/denah ut mencapai lokasi UKM tsb.

6. Siap Buka Usaha
OK, Sampeyan sudah siap dg modal dan lahan usaha. Langkah berikutnya adalah siap membuka usaha. Jika Sampeyan pemula dan benar-benar masih ‘hijau’ tak perlu berkecil hati. Sampeyan harus tetap optimis, atau jika Sampeyan bisa, gandenglah mentor yg bisa membimbing dan mengawal selama masa-masa awal buka usaha. Di samping itu Sampeyan perlu juga bergabung dengan komunitas2 pengusaha. Karena dg itu bisa mendapatkan bimbingan, saran, masukan scr berkesinambungan dg biaya yg ringan. Di samping jika mental sedang turun (negatif), peran mentor dan komunitas bisa menjadi sumber inspirasi dan pembangkit semangat.

7. Manajemen Resiko
Sampeyan harus ingat sejak awal semua usaha berkait erat dg resiko.  Semakin usaha Sampeyan moncer dan dikenal luas, nama Sampeyan dipertaruhkan. Ibaratnya semakin tinggi pohon tentunya semakin kencang angin menerpa.
Oleh sebab itu, Sampeyan harus selalu mengecek kemajuan bisnis Sampeyan. Jika menjumpai keadaan yg janggal, Sampeyan harus segera sigap.

8. Cerdas Menyikapi Kegagalan
Dalam menyikapi kegagalan (menurut Fuad Muftie), seorang entrepreneur harus segera sadar dan bergerak cepat. Sebab, banyak pengusaha yg setelah sadar; ternyata bisnisnya telah jalan di tempat, atau malah kolaps. Nah (menurut Fuad Muftie) kegagalan tsb krn disebabkn bbrp hal, yakni sbb.:
a. Tidak memisahkan antara keuangan pribadi dg keuangan bisnis/perusahaan. Ini penting bg pemula agar sejak awal memisahkan keuangan perusahaan dan keuangan pribadi. Pemilik berhak mengambil bagian dari penghasilan/keuntungan bisnis. Tapi jumlah dan cara pengambilannya harus jelas tersistem. Dan setelah itu jangan sampai mencampur uang pribadi dan uang perusahaan. Adanya jumlah uang yg tersisa dari bisnis/toko tidak selalu menunjukkan keuntungan perusahaan.
b. Tidak adanya sistem yg baku. Bagi bisnis yg baru dirintis hendaknya mulai disiapkan sistemnya, shg jika mulai membesar, sistemnya sudah bagus. Dan kalau bisnis tidak berkembang, bisa dievaluasi sistem yg ada. Hendaknya dihindari sistem bisnis yg melekat pada pemiliknya; sehingga jika pemilik tidak ada/berhalangan, bisnis tidak ikutan berhalangan. Semakin kecil campur tangan pemilik dalam bisnisnya berarti semakin baik.
c. Sistem perekrutan karyawan yg kurang bagus. Perekrutan karyawan yg bagus biasanya akan menghasilkan karyawan yg bagus juga. Contohnya: Jika ada orang yg meminta pekerjaan dan langsung diberi pekerjaan, maka ia akan merasa “gampang banget gitu loh”. Akan beda jika perekrutan melalui tahap seleksi. Kemudian setelah diperoleh karyawan, kita bilang “Selamat, Sampeyan diterima di perusahaan ini dan Sampeyan telah mengalahkan 100 orang saingan Sampeyan!”. Tentu akan beda semangat kerjanya.

9. Cerdas Memperlakukan Laba
OK, bisnis Sampeyan sudah mengeruk laba menggiurkan, Sampeyan pastinya bersemangat. Nah, laba yang sudah di genggaman harus Sampeyan perlakukan secara bijak. Jangan asal gelontorkan uang jutaan rupiah hanya untuk keperluan yg tidak perlu dan penting. Ingat Sampeyan adalah seorang pengusaha, laba yg sudah Sampeyan genggam harus Sampeyan gunakan untuk memperbesar bisnis Sampeyan. Jadi Sampeyan jangan terlena dengan laba yg menggiurkan.

10. Asah Kreativitas dan Kejelian
Jika bisnis Sampeyan laris manis, itulah buah dari hasil kerja Sampeyan selama ini. Jangan Sampeyan merasa puas dulu, para kompetitor/pesaing sudah banyak bertebaran. Kita lengah sedikit, bisa saja bisnis kita mengalami kemacetan. Maka rajin-rajinlah melakukan manuver yg brilian. Misalnya, jika  Sampeyan berbisnis makanan, raciklah menu yg unik dan kenalkan menu2 baru yg beda dari biasanya, niscaya pelanggan tak bakal jemu. Cara lain, jika laba sudah “menggunung”, kepakkan sayap. Sampeyan bisa membuka cabang di tempat lain dan bersiap-siaplah rupiah akan mengalir deras masuk ke kantong Sampeyan.

dikutip dari buku Untung Besar Modal 2 Juta, Penerbit Indonesia Cerdas (Gedung GalangPress Center); Jl. Mawar Tengah Baciro Yogyakarta; cetakan XI, 2010.

About these ads

40 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Mantabs ! sangat Inspiratif dan bermanfaat

Terima Kasih sudah posting ya? :)

Komentar oleh Rido Sandi Atmanto

wow . . ..inspiratif BGT!!! smoga ini bisa bearti bt diri saya pribadi. Amin . . .

Komentar oleh andri utomo

Insya Allah…dlm wktu dekat ini saya membuka usaha di bidang makanan dan minuman.Dan dgn adanya tips dari sini,saya akan mencobanya satu demi satu.Dan saya akan terus mncari informasi ttng bagaimana mnjadi pengusaha yg handal.Dan saya sngt berharap banyak bagi para pembaca khususnya dari Nurdayat Foundation tuk ttp memberikan tips motivasinya kpd saya.
Terima kasih atas perhatiannya dan motivasinya.

Komentar oleh Andri Utomo

AMAZING… THAT’S INSPIRING FOR ME… AMIN…

Komentar oleh Adi Kristanto

ijin copas gan

Komentar oleh awing

Saya akan memulai usaha di bidang bengkel motor, semoga tips ini membuat motivasi yang lebih baik, terimakasih..

Komentar oleh Hiero

Terimakasih tip yang bisa memberi semangat yang jelas untuk menjadi pengusaha.terimakasih tapi saya masih binggung karena uang habis untuk bikin tempat usaha yang lumayan luas tapi gak bisa mengisi barang untuk dijual, jadi msh harus kumpulkan modal lg untuk mulai msh dalam angan angan tolong bantu ide kembali supaya sukses.terimakasih

Komentar oleh sularno

makasih nihh,,,,,,,coba ahh

Komentar oleh anang

wah ni informasi bagus bgt kayaknya..
tapi kantong blom memadai ne..
alias kangker gan…

Komentar oleh chairul mizan

semoga menjadi manfaat bagi orang banyak tambah rizky tambah pahala bagi bagi pemberi info

Komentar oleh nawi

semoga bermanfaat bagi orang banyak tambah rizky tambah pahala bagi pemberi info

Komentar oleh nawi

Memulai bisnis memang banyak yang dipertimbangkan, kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha, kalkulasi bisnis layak tidaknya di buat simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more

Komentar oleh jauhari mk

wah… super banget, thanks banget kawan… atas info dan motivasinya…. smga saya dan kita jadi pengusaha sukses….

Komentar oleh ilalang

hanya kita dan atas izinnya yang mengetahui nasib itu akan dirubah semoga informasi menjadi itikad yang bermanfaat dan berubah membawa berkah terima kasih buat orang yang berhati budiman

Komentar oleh nawi

msukan yg bgus dri saudara kita, smoga bermanfaat untuk yg membaca, khususnya saya, d tunggu tips2 sljutnya..

Komentar oleh Adi

Terimakasih buat tips awal membuka usahanya mas, ini sangaty bermanfaat buat saya yang ingin memulai usaha kecil-kecilan.

Komentar oleh Sigodang Pos

Terima kasih…sangat..

Komentar oleh Ati Yuniarti

ass. kepada yg terhormat, minta tipsnya dong mwmulai usaha di bidang perbengkelan motor. terima kasih

Komentar oleh alimudin azhari

Semangat sy semakin membara stlh membaca Trik sampeyan. Mantap sekali trik sampean. Pokoknya oke bangat.

Komentar oleh Rhany

semangkin bertambah pengetahuan dan peluang usaha siap siap saya akan menekuni saran dan bidang semoga sukss

Komentar oleh nawi

kang, bagus tuh tips nya…boleh ditiru buat generasi muda sekarang. mampir ke blog ku ya http://www.ayampotongmurah.blogspot.com.
salam sukses buat akang….

Komentar oleh sugi

akan ku coba

Komentar oleh iwan

Bagus banget. Berkunjung juga ke aminenvis83.wordpress.com. Baru belajar bikin blog nih.

Komentar oleh aminenvis83

Bagus banget. Berkunjung juga ke http://aminenvis83.wordpress.com. Baru belajar nih

Komentar oleh aminenvis83

mau.coba tp.sll.malu.memulai

makasih tipsnya

Komentar oleh nanda

makasih tips yang hebat….

Komentar oleh Agus

salam knal….
trima kasih tipsnya

Komentar oleh dony

salam kenal tips yang patut dicoba. haturnuhun kang…

Komentar oleh bamz

bermanfaat bgt bwt para pengusaha muda yg baru memulai usahanya

Komentar oleh erwin abidin

good bagus gan..
ni bermamfaat bgt thanks..

Komentar oleh aziz

wah bagus nih pas w bingung nih duit mo diapain,,,bisnis juga ragu2,,w coba separo dulu biar gagal gak telak rasanya ,,,hihihih

Komentar oleh Dadang Rosadi

Wah mantep nih, kebetulan saya juga ingin membuka usaha sendiri, yaitu buka tempat makan. Kebetulan tabungan ada 10 juta setengah. Kira-kira cukup ga ya? Targetnya sih warga kelas menengah, dan saya bermimpi usaha saya bisa buka cabang banyak. Ada tips? Thx

Komentar oleh runD

boleh juga…visit me back..

Komentar oleh serba ada

tips yang mantap, membuka niat besar dan optimis untuk memulai bisnis yg excellent, i will do it

Komentar oleh memey

terima kasih utk nasihatnya kak.saya ini baru coba2 menatap kearah ini berusaha.selamat utk kakak.

Komentar oleh efero usat

terimaa kasih atas saran sampeyan…
ini berarti banget buat ane yg masih pemula..
mudah”an usaha ane lancar..
aminnn..

Komentar oleh marwan

Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

Komentar oleh B. Varian Y. W.

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : http://www.fastpay-nasional.com
Hp:081335640101

Komentar oleh us♏️an... (@UsmanMelayang)

no 8, bagaimana jika kegagalan berasal dari faktor eksternal?
http://tipslele.wordpress.com/2014/04/23/tips-wirausahawan-sukses-jangan-takut-gagal/

Komentar oleh ahlilele




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: