The Nurdayat Foundation


Sekilas Mengenal Karl Mannheim (1): Riwayat Singkat
Rabu, 11 Mei 2011, 3:36 pm
Filed under: Pandangan Tokoh | Tag:

Karl Mannheim, sosiolog dan pendidik kelahiran Budapest, Hungaria (1893-1947) meng- eksplorasi / melakukan kajian ttg peran intelektual dalam rekonstruksi politik dan sosial. Ia juga menulis tentang ‘Sosiologi Pengetahuan’ (sociology of knowledge).

Karl Mannheim lahir pada tanggal 27 Maret 1893, di Budapest dari seorang ibu Jerman dan ayah seorang Hungaria kelas menengah keturunan Yahudi. Dia mengikuti sekolah humanistik di Budapest dan melakukan studi lebih lanjut di bidang filsafat (khususnya epistemologi), bahasa, dan ilmu-ilmu sosial di Universitas Budapest, Berlin, Paris, Freiburg, dan Heidelberg (1920). Disertasi doktornya pada tahun 1922 adalah Analisis Struktur Pengetahuan (The Structural Analysis of Knowledge). Pada tahun 1921 (usia 28) ia menikah Juliska Lang.

peta EropaMannheim adalah seorang dosen sosiologi di University of Heidelberg (1926-1930) dan kemudian menjadi profesor sosiologi dan kepala departemen (dekan) di Universitas Frankfurt. Pemerintah Nazi memaksanya mengundurkan diri (memberhentikannya) pada tahun 1933. Dia pindah ke Inggris, di mana ia menjadi dosen sosiologi di London School of Economics (1933-1945). Dia juga dosen sosiologi pendidikan (1941-1944) dan kemudian profesor pendidikan dan sosiologi (1944-1947) di Institut Pendidikan Universitas London. Dia meninggal di London pada 9 Januari 1947.

Tulisan-tulisan awal Mannheim banyak berkaitan dengan peran kepemimpinan elit intelektual dalam mempertahankan kebebasan. Perhatiannya ini merefleksikan studinya atas Max Weber, Max Scheler, dan Karl Marx. Buku awal Mannheim yang paling penting ‘Ideology and Utopia’ (1929 dalam bahasa Jerman, 1936 dalam bahasa Inggris) memperkenalkan sosiologi pengetahuan sebagai bidang baru studi dalam ilmu sosial. Antipati-nya terhadap gerakan Nazi di Jerman memperdalam minatnya dalam kajian dinamika demokrasi. Tulisan-tulisannya semakin berfokus pada masalah politik, sosial, dan moral yang terlibat dalam kelangsungan hidup demokrasi dan kebebasan. Dia melihat saling-ketergantungan (interdependensi) sebagai fitur karakteristik era modern; memandang Pendidikan dan Perencanaan sebagai hakikat penting untuk meningkatkan masyarakat. Perhatiannya ini diungkapkan dalam Man and Society in an Age of Reconstruction (Manusia dan Masyarakat dalam Era Rekonstruksi) (1940), di mana ia menimbang kekuatan dan kelemahan politik elit-intelektual. Diagnosis of Our Time-nya (1943) meng-eksplorasi cara untuk membangun kembali tujuan rasional organisasi sosial. Di Freedom, Power, and Democratic Planning (1950), yang diterbitkan setelah kematiannya, ia melanjutkan perhatiannya terhadap Intelektual sebagai pemimpin dalam masyarakat-yang-direncanakan.

Pada tahun-tahun terakhirnya Mannheim menjadikan masalah Perencanaan dan Pendidikan sebagai perhatian utama kajiannya. Sebagai editor di International Library of Sociology and Social Reconstruction, ia merangsang pemikiran dan publikasi dalam bidang sosiologi, pendidikan, dan perencanaan. Dia mencari cara-cara demokratis untuk mencapai konsensus dalam masyarakat-massa (mass-society), percaya bahwa penelitian dalam sosiologi pendidikan bisa membantu mencapai konsensus ini.

Mannheim adalah seorang guru yang sukses dan meng-inspirasi dengan menularkan minat terhadap subjek-nya. Dia artikulatif dan provokatif, memiliki toleransi Socratis untuk ‘oposisi’-nya dan rasa humor yang hidup, dan non-partisan dalam kontroversi sosiologis. Meskipun ia tidak menciptakan sekolah sektor khusus, dia mempengaruhi banyak siswa dan rekan. -oOo-

sumber: http://www.bookrags.com/biography/karl-mannheim/


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: