The Nurdayat Foundation


1 Tentang Kami

Assalaamu ‘alaikum wr. wb.

Saya bersyukur dilahirkan, tinggal dan hidup di negeri Indonesia. Bila sekilas saja kita memegang globe (tiruan bulatan bola bumi) itu, saya sering takjub melihat betapa negeri ini seakan seperti sengaja ditaruh Tuhan Allah swt untuk diletakkan di situ sebagai penghias bumi. Alam negeri kita, budayanya, adalah laksana untaian jamrud di khatulistiwa. Dan yang paling kita cintai adalah sejarah perjuangan bangsa ini untuk terus dapat bertahan dengan keberadaannya. Bagaimanakah masa depan anak-cucu kita nanti di negeri ini ?

Beragam adat, budaya, kepercayaan; telah ada sejak jaman leluhur-leluhur kita atau masa sesudahnya, dan masih berkembang hingga kini. Jalannya sejarah-lah yang telah dan akan membawa itu semua. Saatnya kini yang dapat saya buat adalah melakukan sesuatu; berpikir dan berbuat untuk memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan peradaban kemanusiaan, di negeri ini, juga sebagai bagian penduduk bumi.

Bukanlah yang saya maksud itu adalah perbuatan-perbuatan besar, namun kita mulai dengan mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Dan untuk mensyukuri dan menampilkan hal-hal mulai dari yang kecil itulah buat blog ini dibuat.

Untuk mensyukuri, merenungi, memikirkan, menampilkan pemikiran dan pandangan; tentang hal-hal kecil; yang berkait dengan kontribusi SAYA DI SINI bagi mempertahankan martabat kemanusiaan umumnya dan perkembangan peradaban kemanusiaan di negeri ini, juga dunia. Begitulah maksudnya, saya menulis di blog ini.

(Wassalaamu ‘alaikum wr. wb.)

Arti Foundation

Foundation =

1. Something upon which another is built : base, basis, bottom, cornerstone, footing, fundament, ground, groundwork, infrastructure, seat, substratum, substructure, underpinning, basement, cellar, understructure, pedestal.

2. A fact or circumstance lending logical support : proof, basis, case, evidence, ground, justification, rationale, reason.

3. Plan made to prepare for some undertaking : preparation, arrangement, groundwork, measure, provision, spadework.*** 

Jadi, Foundation di sini bukan hanya semata berarti Yayasan.

***Excerpted from American Heritage Talking Dictionary. Copyright © 1997 The Learning Company, Inc.

 

Kisah di Balik Nurdayat dan ‘Foundation’-nya

Blog ini dibuat oleh Nurdayat, seorang (warga negara) Indonesia, dan  tinggal di Indonesia. Sesungguhnya kemampuannya sangat terbatas dalam ilmu IT (soal IT hampir nol besar ia tidak tahu apa-apa sama sekali), ataupun mungkin juga segala ilmu yang lain (Nyatanya ia juga belum menguasai ilmu perdukunan dan santet). Tapi ia memiliki kemauan untuk belajar; tidak mau ketinggalan oleh perkembangan jaman.

Ia tinggal di desa pelosok. Positifnya, itu menjadikannya dapat terus mengenali dan merasakan denyut nadi dan detak jantung kehidupan penduduk orang-orang sederhana di pelosok.

Untuk mengakses internet sesungguhnya ia memang kesulitan. Ia tidak punya dan belum mampu membeli perangkat komunikasi-informasi digital yang canggih. Itu jauh di luar batas kemampuan kantongnya. Tempat tinggalnya terletak jauh di pelosok. Untung saja desa tempat tinggalnya kini sudah dimasuki listrik dari PLN, meski sering juga mengalami pemadaman tanpa alasan yang jelas. Jaringan telpon tidak (belum?) masuk ke tempat tinggalnya. Yang ia punyai hanyalah seperangkat komputer keluaran jaman dulu, yang dapat digunakannya untuk mengetik dan sedikit mengolah gambar untuk tampilan blog.

Warung internet (warnet) pun jauh. Maka untuk mengakses internet ia harus berangkat ke warnet dengan naik motor bututnya berkilo-kilometer. Meski berangkat dari latar-belakang seperti itu, ia tidak merasa rendah diri untuk mempelajari internet ini.

Ia yakin serbuan ‘pisau’ teknologi internet itu bukanlah harus dihindari, karena ia yakin internet itu akan lebih berguna nanti. Maka ia malah nekat masuk ke ‘hujan pisau’ itu. Sekali-dua dalam seminggu ia pamit kepada isterinya untuk pergi ke kota, keluar sejenak dari lingkungan gubug mereka yang teduh asri namun misterius di pinggir sungai tepi jurang dekat makam dusun tempat tinggalnya itu. Sesekali juga, istrinya diajaknya sekalian mampir ke warnet dari mengantar pergi belanja ke pasar kota. Ia senang istrinya dapat memahami perbuatannya.

Lebih dari sekedar ingin belajar, ia punya mimpi memiliki usaha yayasan yang bertumpu pada penggunaan internet untuk memperlancar pengembangan kehidupan perekonomiannya. Ia berharap suatu saat nanti jaringan telpon juga akan masuk ke desanya.

Sejak Juni 2009 ia membantu mengelola usaha warnet yang dimodali oleh temannya, maka sekaligus ia juga banyak menungguinya. Jarak warnet yang dibuka temannya itu 13,5 km dari rumahnya; namun ia sangat senang dapat bergabung dengan usaha temannya itu; sehingga ia dapat turut banyak belajar sekaligus mencari nafkah dari itu. Ia memberanikan diri untuk mulai saat itu juga mengembangkan usaha bersamanya itu. Selanjutnya ia bercita-cita membuat semacam yayasan dan maka dari itu sudah dilengkapilah itu beberapa waktu sebelumnya dengan dibuatnya blog ini, dan dinamakannya:

The Nurdayat Foundation !

(selanjutnya Anda sekalian dapat menebak sendiri mana cerita saya di atas yang benar, dan mana pula yang sekedar bohongan mengada-ada.)


28 Komentar so far
Tinggalkan komentar

sipp,maju terus blogger endonesa…

lam kenal ya boss,

Kang Nur:
ma kasih.
saya mau belajar dr blogger2 lain yg sudah lebih pinter.
kontaknya saya tunggu terus.

Komentar oleh lahapasi

🙂

Komentar oleh bibomedia.com

Tak kami sangka, bisa menemukan warung kopi di daerah pelosok ini. Ada yang kami yakini, warung di tempat semacam ini tentu menyediakan kopi asli yang beraroma nikmat, penuh hikmah dan ilmu, bukan kopi campuran jagung yang ditemukan di kota-kota.

Salam Kenal Pak

Komentar oleh Tukang Nongkrong

Maju terus Mas..Jangan sungkan menulis dengan “keyakinan” dan “tuntas serta ikhlas”…

Kang Nur:
Wah, matur nuwun Kangmas Kopdang atas support-nya.

Komentar oleh Mas Kopdang

makasih dah berkunjung Kang Nur. Peniron sama pelosoknya dg deso Kang Nur. bahkan mungkin lbh pelosok lg. Artikel yg hiperbola itu utk menyemangati diri sendiri kang, dan juga (mudah2an) temen2 Peniron lain. Salam Kang. Bagi ilmunya ya..

Komentar oleh harie

maju terusss, teruss maju,,,
Kang Nur: terimakasih

Komentar oleh yellashakti

Salam kenal…

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

*Kader IMM UGM*

Kang Nur:
‘Alaikum salaam
orang Kamandiyah juga

Komentar oleh Zulfi

Still donno who you are..Where u come from..
Tapi see how you describe yourself..I can guarantee..that someday..A lot of people will know you more…Termasuk juga aku..

Semangat ya pak..Thx for the comment

Kang Nur:
Wah, matur nuwun Dik. Sama-sama, ya?

Komentar oleh sangindra

Assalamu`alaikum wrb.
nderek nepangaken, kulo saking Turi Amron Dj. Mas mohon saran dan nasehat2nya. Saya masih pemula juga di dunia weblog dan amm sleman.

Nuwun, http://www.kuncupmuda.blogspot.com

Kang Nur:
Wa’ alaikum mas Amron. Senang trnyata dapat jumpa di sini…🙂 Kalo soal pemula mah mana yg pemula mana yg lanjut sulit dibedakan kok mass… lha qranya banyak trgantung dr sjauh mana qta cepat belajar.. saya blajarnya trmasuk lambat niih.. smoga bila ada tman bisa jadi lebih smangat..

Komentar oleh cembre

Selamat berjuang Kang Nur. terimakasih.

Kang Nur:
Terimakasih, Bu.

Komentar oleh yulism

Salam kenal Pak, kirain cuman saya seorang yang terdampar di pelosok nan jauh dari segala hiruk pikuk dunia. ternyata…
Semoga ilmunya segera menular ke saya. Makasih..

Kang Nur:
ya.. bersyukurlah saya bahwa dgn internet ini saya dapat kontak dgn orang2 yg terdampar di macam2 pelosok dunia🙂
mari kita berbagi

Komentar oleh attumic

hehe trimakasih…
saya jg orang jawa ko…

Kang Nur:
ya🙂 ttg ke-jawa-an, blog ini hanya sekedar ingin ber-introspeksi, retrospeksi dan juga otokritik; ttg sumbangan ke-jawa-an dlm kerangka nasionalisme Indonesia

Komentar oleh davidkaka

Assalamu’alaikum…

Salam kenal dan makasih sudah mampir…🙂

Komentar oleh vaepink

Sungguh penuh dengan pergumulan dan perjuangan banget, kiranya itu semua tidak menjadi sia-sia, bahkan menginspirasi banyak orang.

Salut…
Salam kenal Pak, sukses selalu…

Komentar oleh ijrsh

Mas Nur terima kasih atas kunjungan ke blog saya, masih belajar mungkin mas bisa bagi-bagi ilmunya

Kang Nur:
sama-sama Pak

Komentar oleh noor

salam. kalo jujur seneng deh, kalo bohong, jangan diulangi ya…🙂
terus belajar, temukan kebenaran, niat yg ikhlash, cara yg benar, smangat..!

Kang Nur:
amiiin. gak bohong kok, cuma selisih dikit😉

Komentar oleh danang

ayo maju terus kang….

Kang Nur :
amiin..

Komentar oleh wh

jadi malu, saya lama nggak ke sini, hiks

Kang Nur:
sama2 malunya, kok mas.😆

Komentar oleh cahsholeh

Jadi bingung perasaan nggak ada yng bohong dari cerita di atas meski masih agak bingung tp tdk menyurutkan niat sy untuk berkenalan. Jadi salam kenal mas. Ini juga dari wong ndeso do lereng gunung Wilis.

Komentar oleh mas8nur

Assalaamu ‘alaykum wr wb.
Maju terus Mas. Walaupun dengan kemampuan apa adanya, tapi semangat anda pantas diacungi jempol. Zaman sekarang tidak ada lagi batas antara “ndeso” dan “kutho”. Kata orang tua kita hidup itu “wang sinawang”. Yang “ndeso” ingin ke “kutho”, sebaliknya yang “kutho” rindu ingin kembali ke “ndeso”.
Wassalaamu ‘alaykum wr wb.
Silakan mampir di Blog saya:
http://adibsusilasiraj.blogspot.com/

Komentar oleh Adib Susila Siraj

Perjuangan yang patut diacungi jempol.

Keep posting, Mas Nur.

Komentar oleh aris

baca halaman ini tambah kagum, deh. kalo boleh saya nge link blog abang, ya. Saya jadi banyak belajar.

Salam.🙂

Komentar oleh alin aun

Excellent blog here! Also your website loads up
very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host?
I wish my website loaded up as quickly as yours lol

Komentar oleh formal dresses

This site really has all the information and facts I needed about
this subject and didn’t know who to ask.

Komentar oleh gray formal dresses

I have been browsing online greater than three hours as of late, but I by no
means discovered any attention-grabbing article like yours.
It’s lovely worth enough for
me. Personally,
if all webmasters and bloggers made just right content material as you did, the net shall be much
more helpful than ever before.

Komentar oleh CrossFit clothing

Make sure to promote this blog in every way possible. After all,
the best way to make money is to enjoy what you are doing. If you do these simple steps correctly you will start making money.

Komentar oleh http://www.youtube.com/watch?v=4LDWF4iugm4

Not any longer, fixed price retail web pages have taken care of
this problem. Well join the crowd because you are not alone my friend.
One word of advice though, stay away from anyone trying to
sell you a system or a robot (in fact, on the internet, be very
wary of anyone trying to sell you anything – advertising on the
net is nowhere near as well regulated as it should be).

Komentar oleh How to make extra money after work




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: