The Nurdayat Foundation


2 Visi-Misi

VISI The Nurdayat Foundation:

Mapan berkecukupannya diri kita ini beserta orang-orang yang kita cintai, makmur sejahtera berbahagia; hidup berguna di dalam pergaulan dunia yang berkeadilan; saling peduli, menghargai dan mencintai di antara sesama manusia yang selalu ingat, mensyukuri dan menjaga karunia Pencipta-Nya.

 

MISI The Nurdayat Foundation : 

Menampilkan, mengangkat, menyajikan, menginformasikan hal-hal kecil sederhana dalam kehidupan kita dan di sekitar kita atau dari dunia manapun, dari saat kini maupun telah lampau yang bernilai human interest ke dalam blog ini untuk juga mengingatkan dan mengajak ‘peer group’ orang-orang ‘geeks’ kaya yang tinggal di kota-kota besar dunia yang berpaham positivisme-dengan-teknologi, untuk tidak sekedar merasa cukup dengan teknologi itu semata dan di antara mereka-mereka itu saja; untuk meraih kebahagiaan itu, karena masih banyak orang yang kurang beruntung itu di wilayah-wilayah dunia yang lain. Kita awali dari pelosok-pelosok negeri kita Indonesia. Ini akan kita upayakan hingga generasi anak cucu kita di akhir jaman nanti, namun dimulainya adalah sekarang, sejak saat ini juga, mulai dar lingkungan terkecil kita yang terdekat.

 

NILAI-NILAI Pegangan The Nurdayat Foundation :

1.      Gotong-royong : berlandas dan berharap kepada kegotongroyongan masyarakat internet Indonesia (baik yang kini tinggal di Indonesia maupun luar negeri, juga yang di pelosok-pelosok) untuk terus mempertahankan nilai-nilai tradisi gotong royong yang kita warisi dari nenek moyang leluhur kita; sehingga akan tetap bergotong royong sampai kapan pun dan di mana pun bidang, termasuk di dunia internet.

2.      Saling menghormati : dengan bersikap jujur secukupnya, tidak terlalu banyak memberikan kebohongan terhadap sesama pengguna internet. Memperlakukan sesama pengguna internet sebagaimana layaknya kita ingin diperlakukan, seolah kita bergaul dan bertemu langsung secara fisik sebagaimana layaknya terhadap sahabat dan tetangga yang saling membutuhkan dan menyayangi. Bila kita tidak ingin kreasi kita dicuri semaunya dengan copy-paste tanpa ijin, maka kita pun tidak akan meng-copy-paste semaunya terhadap kreasi orang. Bila kita ingin disapa, maka kita juga tidak segan untuk menyapa orang.

3.      Nasionalisme : yaitu (tetap) berlandas kepada rasa kebangsaan dan cinta tanah air, dalam arti mengutamakan kepentingan bangsa kita sendiri (=bangsa Indonesia) dan tanah air tumpah darah kita bersama ini di atas kepentingan golongan sendiri; ataupun kekuatan global, meski itu menguntungkan diri sendiri dan kelompok, meski hingga di-saat-yang-memang-telah-meng-global-ini  tak-terhindarkan-ini  dan  hingga kapan pun.

4.      Mau berbagi demi penghematan dan pembagian untung bersama : menyadari keterbatasan kemampuan diri dan kelompok-yang-dibangun terutama dalam hal kemampuan meng-akses internet, terutama biaya uang yang harus dikeluarkan; maka mau tidak mau harus mau saling berbagi memberitahu tentang materi-materi menarik yang telah ditampilkan di blog lain, sehingga dapat diketahui, dan tidak ditampilkan ulang dengan bentuk dan cara yang sama di blog yang ini ataupun blog lainnya. Juga selalu mau untuk saling memberitahu akan adanya tool-tool terbaru yang berkait dengan nge-blog yang akan meningkatkan kualitas nge-blog ataupun penggunaan komputer dan perangkat digital lain untuk meningkatkan taraf hidup kemanusiaan.

5.     Kemanfaatan untuk publik : segala hal yang diupayakan dan ditampilkan lewat nge-blog ini diarahkan agar dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi publik pembaca dan sesama blogger. Materi yang ditampilkan harus berguna, bersifat mendidik, tidak bersifat penghasutan dan penjelek-jelekan apalagi bila yang tidak sesuai kenyataan; serta juga harus layak dibaca oleh semua umur.

 

PRINSIP KERJA Blog ‘The Nurdayat Foundation’ :

1.      Blog ini akan diarahkan menjadi blog yang dikelola oleh sebuah tim yang terdiri dari banyak orang. Blog ini tidak semata berisi diary. Kami (saat ini juga, =memang baru saya) mengundang kepada semua pengunjung-pembaca blog ini untuk menjadi Kontributor, dengan mengirimkan tulisan ke blog ini. Setiap tulisan pasti akan dimuat selama sesuai dengan poin nilai-nilai di atas. Bila Anda sekalian menyepakati poin-poin nilai di atas, Anda sekalian bahkan kami undang  dan kami minta untuk bersedia berkenan menjadi Author di blog ini. Dengan menjadi Author, maka Anda sendirilah yang berwenang meng-edit dan menerbitkan tulisan Anda itu.

2.     Karena materi-materi dalam blog ini memang akan lebih ditujukan kepada khalayak publik pembaca maupun blogger (dari) Indonesia, maka bahasa yang digunakan dalam blog ini diutamakan untuk menggunakan bahasa Indonesia. Meski demikian, tidak dilarang untuk menulis dalam bahasa Inggris. Tidak dilarang pula untuk menggunakan bahasa daerah (masing-masing), selama masih dapat dimengerti oleh publik pembaca umumnya.

3.      Bahasa Indonesia yang digunakan di blog ini memakai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, semi-formal. Bahasa tulisan ala SMS tidak dipakai di blog ini. Tulisan masuk yang memakai bahasa tulis ala SMS akan diedit.

4.      Administrator dan Editor akan memeriksa apakah sebuah tulisan masuk itu asli orisinil buatan Kontributor, bukan plagiat. Karya plagiat akan diperingatkan, agar diubah. Namun bila ada tulisan kiriman yang ditampilkan itu baru di kemudian hari diketahui bahwa itu adalah 100% plagiat copy paste tak bertanggungjawab dari sumber lain tanpa sepengetahuan si sumber aslinya, tanggungjawab perbuatan itu terletak pada person penulis.

5.      Belum ada janji dari dari Pemilik (kini Administrator) blog ini bahwa dengan menjadi Kontributor, Author atau Editor di blog ini; maka Anda akan mendapat imbalan berupa keuntungan profit berupa penghasilan uang.

 

BIDANG HASIL POKOK The Nurdayat Foundation:

1.      Penyajian tulisan semi-jurnalistik dan ilmiah-populer dengan sentuhan human-interes; menampilkan peri-kehidupan orang Indonesia sampai ke semua sudut-sudut pelosok Indonesia (maupun dunia), atau peri-kehidupan dari luar Indonesia yang dapat menjadi pelajaran bagi orang Indonesia. Tulisan yang disertai foto akan lebih dihargai. Foto karya cipta orang atau diambil dari sumber manapun adalah halal hukumnya selama tujuannya untuk pendidikan di blog ini, bukan untuk dijual komersiil.

2.      Tulisan-tulisan yang disajikan diutamakan yang masuk dalam cakupan bidang kategori  Sejarah, Sosial, dan Budaya. Ekonomi dan Politik tidak dilarang. Teknologi dan ilmu IT juga boleh, tapi tidak diutamakan; karena sudah banyak blog lain yang lebih pakar. Humor, lelucon, cerita lucu, anekdot dan gambar komik atau potret lucu juga ditampung seluasnya di blog ini.

3.     Penyajian sebanyak mungkin link-link berharga disampaikan secara terbuka kepada publik, agar bermanfaat untuk publik pengunjung-pembaca.

 

BIDANG KEGIATAN UTAMA The Nurdayat Foundation :

Penyajian tulisan di blog ini dengan visi, misi dan nilai pegangannya dengan tampilan yang semenarik mungkin, sehingga bukan hanya bermanfaat karena menambah wawasan ilmu dan mencerdaskan; namun juga menghibur, menyegarkan dan membangun motivasi produktivitas.

 

STRUKTUR ORGANISASI KEPENGELOLAAN BLOG The Nurdayat Foundation:

Pelapisan fungsi dan tanggungjawab utama dalam lembaga nge-blog ini dibuat berjenjang untuk menjamin efektivitas dan efisiensi lembaga blog The Nurdayat Foundation dalam mencapai cita-cita.

1.      Kontributor = semua pengunjung-pembaca yang telah melakukan subscribe = mendaftar sebagai anggota blog ini, adalah Kontributor; karena semua subscribe akan di-approve = diterima. Tulisan Kontributor dapat di-edit oleh Author, Editor, Administrator. Kontributor tidak punya wewenang untuk menerbitkan karyanya sendiri.

2.      Author = orang yang dipercaya telah dewan Editor atau Administrator untuk diangkat menjadi Author. Author dapat menerbitkan karyanya sendiri.

3.      Editor = orang yang dipercaya untuk diangkat menjadi Editor oleh Nurdayat. Selain dapat menerbitkan karyanya sendiri, Editor dapat melakukan editing terhadap karya tulisan orang lain.

4.      Administrator = dijabat langsung oleh pendiri, yaitu Nurdayat. Administrator berhak menerima dan mengangkat orang untuk menjadi Kontributor, Author atau Editor.

Di luar organisasi nge-blog, dalam jangka panjang juga dimungkinkan pengembangan lembaga off-line di dunia riil, dikembangkan kegiatan lapangan, diawali dengan pertemuan-pertemuan copy-darat (kopdar).

 

DAYA DORONG UTAMA nge-BLOG BARENG di The Nurdayat Foundation:

yaitu Semangat Solidaritas Wong nDeso Pengguna Internet;

Kita tidak mau diperalat dan ditipu oleh orang-orang ‘geeks’ kosmopolitan dari kota-kota besar. Maka bantulah, bila kalian masih mau peduli; atau, kita akan mengusahakannya dengan yang masih peduli dan dengan saudara-saudara yang senasib. Kita nge-net bukan semata untuk hiburan; atau apalagi untuk dapat ‘gaul’ laksana dan dengan orang-orang kaya. Kita nge-net untuk belajar mendapatkan manfaat darinya. Kita sadar bahwa kita adalah orang miskin dan kurang berpendidikan, namun adalah hak kita juga untuk tahu dan mampu menggunakan internet. Giri lungsi janmo tan keno ingino. Bahkan seekor cacing kecil di gunung pun tidak akan terima bila dirinya mati terinjak-injak; maka begitulah juga dengan kita. Kita tidak mau mati terinjak-injak oleh orang-orang ‘geeks’ kaya di kota-kota besar dunia. Kita nge-net bukan untuk menulis diary. Diary kok ditulis di tempat yang semua orang bisa melihat. Itu kalau tidak narsis, ya berarti orang yang tidak tahu malu. Kita tidak berniat untuk dijadikan ‘selebritis’ oleh khalayak publik pembaca. Penggunaan blog untuk ‘curhat’ dibatasi, kecuali untuk curhat pengalaman yang bernilai pelajaran. Kehidupan pribadi tidak diumbar di blog ini.

 

SLOGAN :

Take Act Now to Get Locally Prosper

Menyadari bahwa kita pendiri blog The Nurdayat Foundation dan kelompok-yang-akan-dibangun adalah sesama wong ndeso (orang desa) yang miskin (yang bahkan untuk naik pesawat terbang pun bahkan mungkin belum/tidak pernah), maka kita tidak berpretensi untuk menjadi pemain global. Untuk bermain di lingkup global itu kita serahkan dan percayakan kepada orang-orang kaya dan berpendidikan yang lebih mampu. Kita terjun masuk ke dunia maya global adalah untuk melongok-longok, mencari-cari peluang kesempatan hal-hal apa yang dapat kita pulung (ambil daripada terbuang sia-sia) untuk kita openi (rawat dan ambil manfaatnya). Kita menjelajah memang untuk cari gresek-gresek (meski dianggap rongsok orang, sebenarnya masih ada nilainya). Kita adalah pemulung, namun kita bukan pencuri. Kita mengambil barang bekas orang yang sudah tidak digunakannya hanya dengan seijinnya. Kita mengeruk-ngeruk timbunan sampah dunia maya untuk mendapatkan sesuatu yang dapat dijual untuk mengganjal perut untuk mempertahankan hidup kita.

Kita mengambil tindakan saat ini juga menjelajahi dunia maya global, namun tujuannya adalah demi solidaritas terhadap komunitas-komunitas lokal agar lebih sejahtera. Pengembangan komunitas lokal, itulah inti dan ciri lembaga nge-blog ini.

 

PRODUK ANDALAN BLOG:

1.      Penyajian posting di blog ini yang diusahakan akan selalu dapat rutin disiplin terbit secara berkala yang memberikan manfaat baru yang segar bagi pengunjung-pembaca.

2.     …. hasil kerja yang paling dapat diandalkan lembaga di antara hasil yang lain; karena mutu, citra dan kontinuitasnya.

 

LOGO The Nurdayat Foundation :

Majikan dan Budak

 

Hidup dunia ini berkecenderungan untuk selalu menempatkan manusia ke dalam dua pihak yang berlawanan, yaitu: Kelas Majikan dan Kelas Budak ! Aku wong ndeso miskin sangat menyadari kelasku, namun aku tidak ingin diperbudak. Bagaimana dengan Anda?

SoWoD PeNeT: Solidaritas Wong nDeso Pengguna Internet

(=So What by/with Pay to the Internet)


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Woooooow.. kereeeeeeenxzz.. Mantaaaaabs Surantaaaaaabs.. Maju Teruuuuus..
Salam Sayang
Salam Hormat
Salam Taklim

Komentar oleh KangBoed




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: